Saat ini teknologi di dunia web hosting begitu cepat berganti dari satu teknologi ke teknologi yang lain. Saat ini mungkin beberapa orang yg masih awam bingung apa itu tentang istilah yang mulai pupuler yaitu Cloudlinux OS. Kebanyakan OS ( operating system ) yang orang sering pake untuk bisnis web hosting adalah Linux Centos OS, dimana Centos ini di nilai paling kompatibel dengan software/script/panel yang biasa di gunakan untuk web hosting misal bila di integrasikan ke Cpanel/WHM.

Pengertian Cloudlinux OS ?

Cloudlinux OS ini juga sejenis Centos namun dengan kelebihan bahwa Cloudlinux ini memiliki teknologi LVE (Lightweight Virtual Environment Technology) , LVE ini berfungsi untuk melakukan isolasi dari setiap account di dalam CpanelWHM. Jadi setiap User di dalam server akan mendapat jatah resources yang telah di tentukan, misal sebagai pemilik server kita memberikan batasan :

  • CPU : 25%
  • Ram : 512 MB

Maka setiap account cpanel di dalam server hanya dapat menggunakan maksimal jatah tersebut, sehingga tindakan sebuah account yang abusive (menggunakan daya secara besar) tidak akan berdampak pada user-user lain di dalam server.

Bagaimana Jika Melewati Limit ?

Bila sebuah account mencapai batas limit tersebut, proses web publishing akan berhenti menjadi : internal server error atau Error Page 503, hal tersebut akan berlangsung bila proses cpu dan ram 1 account tersebut blm terhenti, setelah penggunaan cpu&ram menurun maka jatah kembali normal , maka web akan bisa di akses kembali.

Hal ini banyak di terapkan oleh hoster /developer web untuk memanage web2 klien sehingga inti dari pokok pembicaraan di artikel ini adalah : tidak ada 1 user yg akan mengabiskan seluruh resources server. User di dalam 1 server akan lebih nyaman karena tidak terganggu dengan account lain yg memakan banyak CPU dan RAM. Penggunaaan CloudLinux OS ini akan meminimalisir downtime server dan akan lebih stabil.

Note : Web Hosting dengan Cloudlinux OS bukanlah Cloud Hosting, jadi jangan salah kaprah dalam memahami inti dari cloudlinux

info lengkap Cloudlinux OS [Klik Disini]

NB : Hampir seluruh server Joglo IT Center menerapkan Cloudlinux OS ini.